cara cepat mengajarkan anak berbicara

Beberapa tindakan yang dapat orang tua lakukan untuk mengajarkan anak agar cepat bicara. Disini akan dibahas diantara banyak cara ataupun tips mengajarkan anak berbicara:

  1. Kasih anak waktu yang lebih untuk berkomunikasi dengan orang tua terutama ibu.
  2. Ajaklah bicara pada anak saat anda melakukan aktivitas kesehriannya, misal mencuci piring sambil ajak dia ngobrol atau mengganti popoknya dengan komunikasi.
  3. Tunjuk dengan tangan suatu benda yang anda lihat dan ucapkan kepada anak apa benda itu. Beri anak suatu pertanyaan dan beri si anak waktu 10 detik agar anak menanggapinya.
  4. Saat si anak berkomunikasi dengan baik, berilah kata umpan balik yang mudah dan jelas. Seperti, “Iya, benar, itu adalah sepatu.(sambil menunjuk pada sepatu)”
  5. Cobalah untuk mengulang-ulang kembali apa yang anak ucapkan tadi walaupun belum terdengar jelas.
  6. Perjelas apa yang si anak katakan. Misal ketika si anak mengatakan “Mam mam (maksudnya maem atau makan),” maka anda perjelaslah menjadi, “Maem”.

Intinya dari banyaknya cara cepat mengajarkan anak berbicara adalah, jangan terlalu khawatir dengan bagaimana anak mengucapkan suatu kata. Yang penting si anak sudah mau mulai mengeluarkan kata-kata dan anda harus mencoba memahami apa yang dimaksud si anak.

Jika si anak tidak  menunjukkan perkembangan bicara, ada baiknya anda mencoba untuk konsultasi dengan terapis berbicara dan pendengaran. Agar bila terdapat hal yang tidak normal pada si anak, maka dapat segera diantisipasi.

Demikian tips cara cepat mengajarkan anak berbicara agar menjadi wacana bagi orang tua yang sedang memiliki balita dengan perkembangan bicara. Semoga dapat menjadi acuan dan bermanfaat bagi anda semuanya terimakasih.